PENGARUH PENDIDIKAN ETIKA BISNIS DAN PROFESI, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI UNIVERSITAS KOTA PEKANBARU)

Authors

  • GHEA ARDILIA a:1:{s:5:"en_US";s:29:"Universitas Muhammadiyah Riau";}

DOI:

https://doi.org/10.35915/accountia.v6i2.680

Keywords:

Pendidikan Etika Bisnis dan Profesi, Kecerdasan  Spiritual, dan Kecerdasan Emosional, Perilaku Etis Mahasiswa

Abstract

Abstract

This study aims to examine the effect of Business and Professional Ethics Education, Spiritual Intelligence, and Emotional Intelligence on the Ethical Behavior of Accounting Students. The data used are primary data obtained from distributing questionnaires to accounting students at Pekanbaru City University as many as 285 accounting students as samples in this study. With the sampling method using the Krejcie and Morgan method. This study is a quantitative study that was processed using SPSS version 20. The results showed that business and professional ethics education, spiritual intelligence and emotional intelligence had an effect on the ethical behavior of accounting students.

Keywords: Business and Professional Ethics Education, Spiritual Intelligence, and Emotional Intelligence, Student Ethical Behavior

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pendidikan Etika Bisnis dan Profesi, Kecerdasan  Spiritual, dan Kecerdasan Emosional terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner (angket) kepada mahasiswa akuntansi Universitas Kota Pekanbaru sebanyak 285 mahasiswa akuntansi yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode Krejcie dan Morgan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang diolah menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan etika bisnis dan profesi, kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi.

 

Downloads

Published

2022-11-23

How to Cite

ARDILIA, G. . (2022). PENGARUH PENDIDIKAN ETIKA BISNIS DAN PROFESI, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI UNIVERSITAS KOTA PEKANBARU). ACCOUNTIA JOURNAL (Accounting Trusted, Inspiring, Authentic Journal), 6(2), 229–245. https://doi.org/10.35915/accountia.v6i2.680

Issue

Section

Articles